lombokcomputer.com

Komunitas Computer Lombok 

1985 IEEE 80211 Standarisasi Wifi Dimulai

Menelusuri Sejarah Teknologi Nirkabel , Tahun Dimulainya Standarisasi WiFi IEEE dan Bagaimana Hal Ini Mengubah Cara Kita Berkomunikasi

Bagi pengguna internet di era modern, WiFi rasanya sudah menjadi kebutuhan primer. Teknologi nirkabel ini memungkinkan kita untuk terhubung ke internet dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah dan perkembangan WiFi hingga bisa menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita?

Awal Mula: Melepas Kabel, Menuju Kebebasan

Jejak awal WiFi dimulai pada tahun 1985. Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (FCC) kala itu memutuskan untuk membebaskan pita frekuensi 2,4 GHz untuk penggunaan tanpa lisensi. Keputusan ini membuka jalan bagi lahirnya teknologi jaringan nirkabel yang lebih terjangkau dan mudah diakses.

Standar: Membangun Pondasi Konektivitas

Enam tahun berselang, dibentuklah komite bernama 802.11. Komite ini memiliki tugas mulia, yaitu mengembangkan standar komunikasi nirkabel untuk jaringan area lokal (WLAN). Hasil kerja keras mereka baru membuahkan hasil pada tahun 1997 dengan dirilisnya standar pertama, yakni IEEE 802.11. Standar ini memungkinkan transfer data dengan kecepatan 1 Mbps dan 2 Mbps, angka yang mungkin terkesan kecil di era ini, namun menjadi langkah awal yang monumental.

Melaju Kencang: Evolusi Standar WiFi

Teknologi tidak pernah berhenti berlari. Begitupun dengan WiFi. Seiring berjalannya waktu, standar baru bermunculan, menawarkan kecepatan transfer data yang lebih kencang, jangkauan yang lebih luas, dan fitur yang semakin canggih. Saat ini, standar WiFi terbaru adalah IEEE 802.11ax, yang mampu mentransfer data hingga 9,6 Gbps, jauh melampaui pendahulunya.

Di Mana Kita Bisa Menemukan WiFi?

Coba perhatikan sekeliling Anda. Rumah, kantor, kafe, bandara, hingga ruang publik, hampir semuanya menyediakan akses WiFi. Kehadirannya telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia. Kita bisa bekerja, belajar, bersosialisasi, dan mencari hiburan hanya dengan berbekal perangkat elektronik dan jaringan WiFi.

Dampak WiFi: Lebih dari Sekadar Koneksi

WiFi bukan sekadar teknologi, namun juga penggerak transformasi. Kehadirannya telah meningkatkan mobilitas dan produktivitas, membuka peluang baru bagi bisnis dan pendidikan. Bayangkan, tanpa WiFi, konferensi video, pembelajaran online, dan kolaborasi lintas benua akan menjadi hal yang mustahil.

WiFi: Jembatan Menuju Masa Depan

Perjalanan WiFi belum usai. Para ahli terus berinovasi untuk menghadirkan teknologi yang lebih canggih, dengan kecepatan yang lebih kencang, jangkauan yang lebih luas, dan keamanan yang lebih terjamin. Di masa depan, WiFi diprediksi akan menjadi tulang punggung bagi teknologi Internet of Things (IoT), yang akan menghubungkan berbagai perangkat elektronik dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jadi, mari kita manfaatkan teknologi WiFi dengan bijak dan bertanggung jawab. Jaga keamanan data, gunakan untuk hal-hal positif, dan berpartisipasi dalam membangun masa depan yang terkoneksi dan cerdas bersama WiFi.